Belajar Menggunakan Intersect


Ucorelers, di tutorial-tutorial sebelumnya saya sempat menjelaskan tentang beberapa fungsi. Diantaranya adalah Weld, Trim dan Combine. Masih dalam satu keluarga, berikut ini saya akan menjelaskan fungsi yang tidak jauh dari beberapa fungsi yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Fungsi tersebut adalah Intersect . Tugasnya adalah membentuk sebuah objek baru dari persilangan dua objek atau lebih. Bukan hanya vektor melainkan juga bitmap dapat menggunakan fungsi yang satu ini. 

Sebenarnya selain intersect ada beberapa fungsi lain yang belum saya jelaskan, namun karena fungsi-fungsi tersebut bagi saya kurang bermanfaat. Maka saya tidak akan membahasnya disini. Yup, mari kita belajar bagaimana menggunakan intersect.


Untuk melihat bagaimana intersect bekerja, mari kita buat sebuah persegi dengan menggunakan rectangle tool. Jangan lupa untuk memberikan warna.



Buat persegi lain dengan warna yang berbeda dengan catatan kedua objek harus saling bersilangan.



Seleksi kedua objek dengan menggunakan Pick tool



Setelah anda melakukan seleksi kedua objek tersebut. Silahkan lihat pada bagian Property Bar ( Baca juga : Elemen-elemen dan Istilah-istilah CorelDraw) akan muncul beberapa fungsi objek. Pilih Intersect


Sebagaimana saya jelaskan sebelumnya, persilangan antar keduanya akan membentuk sebuah objek baru. Lihat pada bagian yang terseleksi.



Supaya lebih jelas, saya memberikan warna yang berbeda dari kedua warna objek sebelumnya. Warna hijau yang terdapat pada gambar adalah objek baru yang terbentuk dari hasil persilangan dua objek. 

Belum ada Komentar untuk "Belajar Menggunakan Intersect"

Posting Komentar

Berikan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel