Mengenal Warna CMYK, RGB Dan PANTONE


Dalam dunia pewarnaan, kita mengenal jenis warna diantaranya CMYK, RGB dan PANTONE. Ketiganya terikat erat dalam sebuah software. Bukan hanya CorelDraw, software-software seperti Photoshop, Illustrator, Indesign dan lainnya juga menggunakan sistem yang sama dalam masalah pewarnaan.

Namun sayang, banyak juga diantara desainer yang kurang memahami tentang pentingnya memilih jenis warna dalam projek. Sebab setiap jenis memiliki ke-khususan tersendiri, sehingga saat digunakan tidak dalam fungsinya maka hasilnya akan kurang maksimal. Oleh karenanya saya ingin mencoba menjelaskan (dari data-data yang sudah dikumpulkan) terkait jenis pewarnaan dan penggunaannya. Baca penjelasannya dibawah ini.

1. CMYK

CMYK adalah warna yang dikenal dalam proses printing dan percetakan. Terdiri dari C = Cyan, M = Magenta, Y = Yellow, dan K = Black. Warna CMYK digunakan untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari bahan cetak seperti kertas dan lain-lain.

2. RGB

RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam. Jadi, R = Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam). Sumber 

3. PANTONE

Pantone adalah sebuah kumpulan pencampuran warna, tersedia dalam bentuk buku dan digital yang di produksi oleh Pantone. inc. Dalam bentuk buku tersedia jutaan kombinasi warna yang bisa dijadikan acuan dalam dunia percetakan, design, tekstil dan sebagainya. Namun lebih rinci saya belum memahami apa perbedaan jenis warna ini dengan CMYK dan RGB. 

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Warna CMYK, RGB Dan PANTONE"

Posting Komentar

Berikan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel