Elemen-Elemen dan Istilah-Istilah CorelDraw



Ucorelers, para pengguna CorelDraw sebenarnya sejak awal wajib memahami elemen-elemen yang ada didalamnya. Karena dengan begitu, desainer CorelDraw akan sangat terbantu dengan navigasi-navigasi dari elemen-elemen tersebut.

Saya contohkan misalnya toolbox. Dalam beberapa kasus, banyak peserta pelatihan yang bingung ketika saya katakan istilah tersebut. Dan pada akhirnya saat mereka belum memahami dasar-dasarnya akan sulit untuk melakukan perkembangan dalam proses pembelajaran CorelDraw. Makanya dibawah ini saya akan sedikit menjelaskan elemen-elemen yang ada dalam CorelDraw, sehingga di tutorial-tutorial saya yang lain anda akan benar-benar memahami instruksi-instruksi yang saya berikan.

Berikut rinciannya, baca dan fahami dengan seksama ya.

1. Interface CorelDraw

Tak perlu saya jelaskan panjang lebar, anda sudah tentu akan mengetahui istilah yang satu ini. Ini adalah tampilan muka (Interface) program CorelDraw X7. Interface ini mencakup semua elemen yang saya jelaskan berikutnya.



2. Menu Bar

Pada bagian atas, anda akan melihat tampilan menu-menu utama. Biasa disebut sebagai menu bar. Dari menu ini anda akan dapat menemukan fungsi-fungsi khusus sesuai dengan menu utamanya.


3.Standard Bar

Tepat dibawah Menu Bar, anda akan menemukan elemen bernama Standard bar. Mungkin kenapa dinamakan standard, karena fungsi-fungsi ini tidak akan pernah hilang dan berubah walaupun kita mengotak-atik lembar kerja. Artinya fungsi tersebut menjadi standarisasi lembar kerja.



4. Property Bar

Elemen yang menurut saya paling dinamis adalah Property bar. Sebab setiap perubahan tools yang pakai maka akan berubah pula Property-nya, karena menyesuaikan tools tersebut. Letaknya tepat berada di bawah Standard Bar.



5. Palette Color

Sebenarnya letak palette color bisa kita atur sesuai keinginan, namun secara default palette color berada disamping kanan layar. Dibawah ini contoh palette color yang sudah saya sesuaikan sendiri.



6. Document Navigation

Khusus untuk CorelDraw versi X7, dibawah palette color bagian atas, akan ada beberapa naviagasi dibawah ini. Ya, itu adalah Navigasi Dokumen. Fungsinya adalah berpindah dari satu dokumen ke dokumen lain hanya melalui navigasi tersebut. Di versi sebelumnya documen navigation belum tersedia.



7. Tool Box

Jika diantara elemen-elemen ini, mungkin tool box adalah elemen yang paling sering saya sebut. Karena memang fungsinya paling dominan digunakan. Letaknya dibagian sebelah kiri layar.

 

8. Page Navigation

Kalau sebelumnya adalah navigasi dokumen. Yang satu ini adalah navigasi halaman. Fungsinya adalah untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain yang ada didalam satu dokumen.


9.Docker

Docker adalah areal kerja dari fungsi-fungsi yang ada pada menu utama. Gambar dibawah ini adalah salah satunya. Letaknya berada di bagian kanan layar. Disamping palette color.


10. Status Bar

Elemen ini terletak dibagian bawah interface. Fungsinya menunjukan status objek yang diseleksi, meliputi warna, koordinat dan outline.

Belum ada Komentar untuk "Elemen-Elemen dan Istilah-Istilah CorelDraw"

Posting Komentar

Berikan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel