Tutorial Membuat Kartu Nama Keren


Ucorelers, dahulu budaya saling berganti kartu nama masih dianggap tabu. Karena dalam perspektif masyarakat, saling berjumpa dan bekomunikasi langsung merupakan sebuah keharusan. Namun lain ceritanya jika kita melihat budaya zaman sekarang. Dimana komunikasi tatap muka berubah menjadi koumunikasi dengan jaringan internet dan seluler.

Dari gejala sosial ini, makanya kartu nama dirasa penting. Sebab selain menunjukan identitas diri, kartu nama juga berfungsi untuk media mempublikasi akun-akun sosial. Dengan begitu semakin mudah untuk membangun relasi tanpa perlu menghafal satu per satu identitas orang yang baru dikenal.

Saya sendiri menggunakan kartu nama dalam beberapa kesempatan. Tujuannya adalah mempromosikan diri dan memperbanyak relasi. Karena bagi saya itu sangat penting. Okelah, langsung saja. Berikut ini saya sajikan Tutorial Membuat Kartu Nama Keren. 

#Tahap 1


Buka dokumen baru, buat persegi panjang dengan menggunakan rectangle tool berukuran 9 x 5 cm.

#Tahap 2


Beri warna hijau objek retangle yang telah dibuat

#Tahap 3


Karena nantinya kita membuat objek dengan perpaduan terang dan gelap. Makanya kita harus membuat warnanya dulu. Cukup mudah, anda cukup mendrag warna hitam sambil menahan tombol CTRL dan arahkan ke warna normal. Lakukan sekali lagi untuk mendapat warna gelap yang diinginkan.

#Tahap 4


Buat sebuah rectangle lagi dan tempatkan di bagian bawah retangle sebelumnya. Kemudian berikan warna hijau gelap yang telah kita siapkan. Fungsinya adalah untuk space akun sosial media.

#Tahap 5


Pindah ke sisi lain dokumen, buat sebuat lingkaran penuh dengan menggunakan elipse tool. Berikan outline putih.

#Tahap 6


Seleksi lingkaran sebelumnya kemudian pilih Outline Pen pada Tool box (baca juga : Elemen-elemen dan Istilah-istilah CorelDraw). Atur ketebalan Outline menjadi 0,25 cm. Centrang Behind Fill dan Scale With Objek. Kemudian OK.

#Tahap 7


Proses yang barusan anda lakukan adalah proses untuk menebalkan Outline atau garis pinggir. Lihat gambar diatas.

#Tahap 8


Masukan objek avatar anda. (Baca juga : Tutorial Mendesain Avatar Vektor). Letakan avatar tepat ditengah-tengah lingkaran.

#Tahap 9


Kemudian klik Avatar. Pilih Object - Power clip - Place Inside Frame (Khusus untuk CorelDraw versi X7). Jika anda menggunakan versi dibawahnya. Pilih Effect - Power Clip - Place Inside Container. Jika kemudian kursor anda berubah menjadi tanda panah berwarna hitam, arahkan cursor tersebut ke lingkaran. Sampai avatar anda masuk kedalam lingkaran seperti pada gambar diatas.

#Tahap 10

Pindahkan avatar ke tengah rectangle. 

#Tahap 11


Gunakan Text Tool untuk membuat nama dan perkerjaan anda. Atur posisi supaya berada ditengah avatar.

#Tahap 12


Masukan nomor hape, akun-akun sosial media seperti WA, facebook, twitter dan BBM. Jika telah selesai, maka pembuatan kartu nama pun selesai. Silahkan dicetak.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Membuat Kartu Nama Keren"

Posting Komentar

Berikan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel