Tutorial Membuat Sertifikat Elegan




Saat saya diminta untuk mendesain sertifkat, customer itu minta supaya mirip-mirip seperti ini, dia menunjukan contoh desain yang cukup menarik. Kemudian saya menyanggupinya. Dan setelah saya pelajari ternyata desain ini aliran elegant concept.
Biasanya pasar sertifikat-sertifikat elegan adalah mereka yang membuat acara-acara besar dan eksklusif. Jadi biasanya untuk desain-desain seperti ini juga dibandrol dengan harga yang besar. Jadi kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat sertifikat elegan tersebut.

#Tahap 1


Buka dokumen kerja baru. Dengan ukuran A4 dan orientasinya Lanscape. Jika belum tahu caranya, silahkan buka disini.

#Tahap 2


Buat sebuah persegi panjang dengan ukuran sama dengan dokumen. Gunakan rectangle tool pada toolbox. Tips mudahnya. Klik icon rectangle dua kali pada toolbox dan otomatis rectangle akan terbentuk sesuai dengan ukuran dokumen. Jangan lupa untuk menyeleksi rectangle tersebut karena ditahap selanjutnya kita akan memberikan warna.

#Tahap 3



Setelah diseleksi, pilih Edit fill untuk memberikan warna. Gunakan dua warna diatas untuk membentuk warna gradasi. Untuk membentuk warna gradasi, Pilih Fountain. Dan selanjutnya, Atur beberapa warna dengan option seperti pada gambar diatas. Untuk mengambil dua warna yang telah kita sediakan, klik icon utuk mengganti  warna, kemudian klik Eyedropper dan arahakan ke warna yang sudah disediakan. Setelah selesai mengatur kotak dialog tersebut klik OK.

#Tahap 4


Setelah settingan edit fill selesai. Hasilnya akan seperti ini.

#Tahap 5


Masih menggunakan rectangle tool. Buat sebuah rectangle baru dan tempatkan tepat ditengah-tengah rectangle sebelumnya.

#Tahap 6



Tahap ini sama dengan tahap #3. Yaitu kita memberikan warna pada objek yang telah diseleksi dengan warna gradasi. Dan klik OK jika settingan sudah selesai.

#Tahap 7


Setelah warna telah muncul, Buat lagi sebuah rectangle yang lebih kecil. Posisikan ditengah rectangle sebelumnya.

#Tahap 8


Seleksi rectangle yang baru dibuat. Kemudian dibagian bawah menu utama atur cornernya sesuai pada gambar.

#Tahap 9


Dan hasilnya. Corner rectangle pun berubah.

#Tahap 10




Beri warna rectangle dengan corner yang sudah dirubah sebelumnya. Jangan lupa untuk menghilangkan outlinenya. Baca juga : Menghilangkan Outline Objek.

#Tahap 11


Ditahap ini, duplikat rectangle yang sudah disetting cornernya. Kemudian kecil dan tempatkan dibagian dalam.

#Tahap 12


Selanjutnya, gunakan Smartfill tool untuk membuat objek dan warna baru. Arahkan pada celah antara rectangle terkecil dan rectangle yang satunyta.

#Tahap 13


Untuk memberikan warna yang sama dengan rectangle paling besar. Anda tidak perlu memilih edil fill. Karena itu akan merepotkan. Cukup lakukan langkah ini. Pilih Edit di menu utama kemudian pilih Copy Properties. Centrang fill dan klik ok. Selanjutnya akan muncul cursor panah, arahkan ke rectangle paling besar.

#Tahap 14


Dan lihat. Warnanya persis sama dengan warna rectangle terluar.

#Tahap 15


Mulai masukan logo yang diperlukan untuk sertifikat anda.

#Tahap 16


Sempurnakanlah desain sertifikat ini dengan menambahkan tulisan-tulisan yang diperlukan. Setelah selesai maka tahap pembuatan sertifikat elegan pun selesai.

Download Contoh serifikat                   Download


Belum ada Komentar untuk "Tutorial Membuat Sertifikat Elegan"

Posting Komentar

Berikan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel