Membuat Warna Gelap Dan Terang


Gelap dan terang pada warna adalah bagian paling penting dalam pembentukan bayangan maupun gradasi warna. Oleh karenanya pada kesempatan ini saya akan membahas khusus terkait membuat warna gelap dan terang.

Pada CorelDraw, ada beberapa cara pembentukan warna gelap dan terang. Dan sampai saat ini setidaknya saya tahu tiga cara. Dari ketiga cara ini semunya punya manfaat yang jelas dalam proses mendesain, khususnya pada desain-desain dengan gaya flat. Langsung saja, berikut ini cara membuat warna gelap dan terang pada CorelDraw.

Klik tahan warna yang ada di palette color


Cara ini cukup ampuh untuk anda yang ingin mencari level gelap dan terang warna yang ada pada CorelDraw. Jika anda perhatikan baik-baik pada palette color diatas. Semua warna tersebut ternyata menyimpan warna turunan atau gelap terangnya. Makanya untuk mengeluarkan warna-warna tersebut anda hanya tinggal mengklik dan tahan salah satu warna. Maka warna turunannya akan muncul.


Contohnya  saya ingin mengeluarkan warna turunan dari warna hijau. Maka selanjutnya saya klik + tahan warna tersebut. Tunggu hingga warna turunannya keluar.


Supaya lebih memperjelas, saya melakukan hal yang sama pada warna kuning. Dan anda bisa lihat warna turunannya bukan.

Membuat warna gelap dan terang manual


Kenapa saya katakan manual, karena memang pada prosesnya dilakukan secara manual. Mungkin anda akan bertanya bagaimana cara menggabungkan satu warna dengan warna lainnya. Cukup mudah ternyata. Misalnya ada sebuah objek dengan warna dasar tertentu, contohnya warna dasar gambar diatas. Kemudian warna tersebut ditambahkan dengan warna hitam untuk meningkatkan kegelapannya. Caranya, cari warna hitam yang ada pada palette color anda kemudian klik dan tahan warna hitam tersebut sambil menggeserkan kursor ke objek yang memiliki warna dasar, jika anda melakukannya dengan benar, maka warna dasar tadi akan berubah dari warna aslinya. Lakukan berulang-ulang untuk menambah kepekatannya. Atau sebaliknya menambahkan warna putih untuk menambah level terang warna tersebut. Dan bisa juga mengkombinasikan dengan warna lain untuk mendapatkan warna yang variatif.

Membuat warna gelap terang dari efek countour


Jika ingin membuat warna gelap terang pada countour. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membentuk sebuah objek. Contohnya rectangle. Kemudian beri warna objek rectangle tersebut. Dan terakhir seleksi rectangle yang sudah diberi warna.




Selanjutnya, untuk mencari efek contour, mungkin secara default pada toolbox anda tidak akan menemukannya. Sebab efek tersebut sembunyi pada efek Drop Shadow. Untuk mengeluarkannya klik tahan ikon drop shadow tersebut hingga memuncul beberapa nama efek, salah satunya adalah countour.


Setelah memilik ikon countour, otomatis property bar nya juga akan muncul. (Mengenai property bar anda dapat membaca artikel Elemen-elemen dan istilah istilah CorelDraw). Dan secara default property bar countour akan tampil seperti gambar diatas.


Nah, selanjutnya pada bagian presets, pilih Flow Inward dan pada bagian Fill Color, pilih warna putih. 


Dan akhirnya anda akan mendapati perubahan warna dari gelap ke terang. Jika ingin mencari warna gelapnya cukup mengganti warna hitam pada Fill Color yang ada pada property bar Countour. 

Belum ada Komentar untuk "Membuat Warna Gelap Dan Terang"

Posting Komentar

Berikan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel