Belajar Menggunakan Freehand, 2-Point Line, Bezier, Pen, B-Spline, Polyline Dan 3-Point Curve


Ucorelers, Pada toolbox ada beberapa tool yang memudahkan kita untuk membuat objek dan line. Diantaranya Freehand, 2-Point Line, Bezier, Pen, B-Spline, Polyline Dan 3 Point Curve. Ketujuh tools tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni pembentukan objek dan line. Namun penggunaanya masing-masing memiliki perbedaan.

Dikesempatan ini saya akan membahas tentang cara penggunaan tool-tool tersebut. Karena banyak juga desainer yang kurang memahami fungsi masing-masingnya. Padahal setelah kita fahami dengan baik, proses desain yang kita lakukan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Sebelumnya saya juga sempat membuat ulasan singkat seputar tool-tool pembentuk objek ini. Silahkan berkunjung ke Tool-tool pada toolbox beserta fungsinya.

Freehand Tool

Freehand tool adalah tool yang membentuk objek dan line secara bebas. Cara menggunakannya, anda hanya perlu klik dan tahan mouse, sambil membentuk objek atau line yang diinginkan secara bebas. Sedikit catatan, jika kita ingin membentuk maka usahakan dalam pembentukannya mempertemukan titik awal dan titik akhir objek. Karena jika tidak freehand yang kita gunakan hanya membentuk line dan tidak akan bisa diberi fill color (warna objek). Konsep ini juga berlaku untuk semua tool yang akan saya jelaskan berikutnya.

2-Point Line Tool


2-Point Line adalah tools yang membentuk objek atau garis yang terdiri dari 2 pointer line. Cara penggunaannya. Karena hanya menggunakan 2 pointer, kita hanya bisa membuat satu buah garis dalam sekali klik. Cara untuk membuat garis tersebut  klik tahan dan lepaskan. Contoh gambar pertama diatas, adalah hasil dari klik sekali. Kemudian gambar kedua, saya menyambungkan line yang terbentuk dengan sekali klik juga. Hingga yang ketiga kalinya terbentuklah sebuah objek.

Bezier Tool (Line)

Bezier tool adalah tool yang membentuk objek atau line dari pointer-pointer yang disatukan. Caranya adalah dengan membuat pointer dengan cara diklik. Klik beberapa kali untuk membuat beberapa pointer, sedangkan untuk membentuk objek, pertemukan pointer pertama dengan pointer terakhir.

Bezier Tool (Curve)

Bezier tool juga dapat langsung membentuk objek curve. Caranya, ketika sudah membuat pointer dengan klik. Lanjukan dengan membuat pointer berikutnya sambil menahan tombol kiri mouse, sehingga akan membentuk kurva. Lanjutkan prosesnya hingga bertemunya pointer akhir dengan pointer awal. Lihat contoh pada gambar.

Pen Tool

Sebenarnya fungsi bezier tool dan pen tool hampir sama, namun yang membedakannya adalah preveiew garis yang muncul saat pembentukan objek. Sedangkan pada bezier tidak ada garis yang terlihat ketika membentuk objek, hanya diwakili oleh pointer atau titik-titik. Karena konsepnya sama dengan bezier, saya hanya memberikan contoh pada line nya saja. Untuk curvenya anda bisa lihat pada contoh curve bezier.

B-Spline Tool

B-Spline tool adalah tool pembentuk objek kurva. Tool ini terbilang unik karena pointer yang bekerja hanya membentuk bagian-bagian kurva. Cara penggunakannya. Klik sekali pada lembar kerja sehingga nantinya akan terbentuk pointer, dari pointer tersebut buat bagian-bagian yang ingin dibentuk dan klik lagi untuk membuat pointer lainnya. Hingga pointer tersebut bertemu dengan pointer awal.

Polyline Tool

Berlawanan dengan B-Spline. Polyline adalah tool pembentuk objek yang terdiri hanya dari line bukan kurva seperti B-Spline. Cara penggunaannya, anda hanya perlu menarik garis-garis dan menyambungkan titik awal dan akhirnya. Maka jadilan objek.

3-Point Curve Tool 


Dan terakhir adalah 3-Point Curve Tool adalah lawan dari 2-Point line. Sebab 3-Point Curve adalah tool hanya membentuk kurva dari 2 pointer yang dilakukan dalam satu kali klik dan tarikan mouse. Artinya untuk membuat satu buah objek perlu beberapa kali klik dan tarikan kurva. Seperti contoh pada gambar.

Belum ada Komentar untuk "Belajar Menggunakan Freehand, 2-Point Line, Bezier, Pen, B-Spline, Polyline Dan 3-Point Curve"

Posting Komentar

Berikan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel