Pengaturan Sudut Rectangle


Ucorelers, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan rectangle. Jika memang anda sering mengikuti tutorial yang saya berikan sebelumnya, hampir semuanya contoh objek yang saya gunakan adalah rectangle. Kali ini saya mencoba membahas tentang pengaturan sudut pada rectangle.

Kenapa perlu mengatur sudut rectangle? Ucorelers, sudut pada rectangle biasanya punya daya tarik tersediri dari desain-desain yang akan kita buat. Keunikan style pada sudut rectangle membantu kita untuk menyesuaikannya dengan konsep desain kita. Oleh karena itu, saya rasa perlu untuk mengetahui lebih dalam tentang pengaturan ini. 

Pengaturan yang saya maksud ada pada property bar rectangle. Disana kita hanya perlu melakukan melakukan beberapa penyesuaian untuk mendapatkan hasil sudut yang kita inginkan. Perhatikan baik-baik tips dan trik berikut.


Pada tool box cari ikon rectangle dan buatlah rectangle dengan ukuran yang kita inginkan.



Setelah selesai membuat rectangle. Klik atau seleksi rectangle yang baru saja dibuat.


Kemudian hal ini otomatis membuat property barnya berubah. Secara default tampilan property bar yang akan muncul akan seperti gambar ditas. 

Rounded Corner


Untuk melakukan perubahan dengan style sudut rounded corner, silahkan pilih ikon rounded corner atau sudut tumpul pada bagian sudut-sudutnya (corner radius) isi dengan angka 10 mm.


Inilah bentuk rounded corner. Menarik bukan! Kita lanjutkan.

Scalloped Corner


Pengaturannya masih sama, sekarang coba anda ganti ke scalloped corner, posisinya tepat di sebelah kanan rounded corner. Isi masing-masing radius cornernya dengan angka 10 mm.


Lihat, maka hasilnya akan seperti pada gambar. Jika sudutnya dirasa kurang, silahkan tambah lagi pada radius corner.

Chamfered Corner


Terkahir, ada style bernama Chamfered Corner. Terletak disebelah Scalloped Corner. Isi juga angka dengan radius 10 mm.


Dan sudut rectanglenya pun berubah lagi. Sesuaikan stylenya dengan keperluan kita. Dan satu lagi jika anda ingin merubah hanya pada sudut-sudut tertentu saja. Misalnya kiri bawah atau kanan atas saja sedangkan yang lain dengan sudut biasa. Maka caranya anda hanya perlu mematikan gembok (edit corner together) yang terletak ditengah-tengah 4 radius corner. Jika masih bingung silahkan komen dibawah. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengaturan Sudut Rectangle"

Posting Komentar

Berikan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel